Menapaki Perjalanan Panjang JNE, Selalu Menginspirasi dan Sat Set
Pada era yang serba digital sekarang ini, terdapat banyak perubahan dalam berbagai industri salah satunya yaitu industri pengiriman barang. Apabila dulu pengiriman barang memperlukan waktu lama dan resiko barang rusak sangat tinggi yang diakibatkan oleh kurangnya sistem pelacakan dan pengawasan, berbeda dengan saat ini yang mana proses pengiriman barang sudah dapat dilakukan dengan sangat cepat dan tentunya aman. Kecepatan pengiriman dan keamanan barang tentunya menjadi dua indikator utama kepuasan pelanggan ketika melakukan proses pengiriman barang. Oleh karena ini banyak jasa pengiriman yang terus- menerus melakukan inovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Salah satu jasa pengiriman terkemuka di Indonesia saat
ini adalah JNE. Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa kita kenal dengan nama
JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman
barang baik secara domestik maupun internasional yang didirikan pada 26
November 1990. Didukung dengan jaringan distribusi lebih dari 83.000 titik
tujuan, menjadikan JNE sebagai salah satu jasa pengiriman barang dengan
jangkauan terluas. Selama tahun 2025 ini JNE sudah banyak mendapatkan
penghargaan mulai dari The Iconomics, Rumha Zakat, hingga Info Brand. JNE
tentunya terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman pengiriman barang
kualitas terbaik kepada masyarakat.
Perjalanan panjang JNE dalam memberikan layanan
pengiriman terbaik tentunya membuat pihak perusahaan terus memunculkan ide-ide
yang inspiratif guna menjadikan penggunanya semakin nyaman. Adapun perjalanan
inspiratif JNE yaitu sebagai berikut.
Tahun 1990
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) pertama kali
didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh Djohari Zein. JNE yang dikelola
oleh Jhohari Zein awalnya hanya dikelola oleh dirinya sendiri berserta 8 orang
karyawan saja. Seiring dengan berjalannya waktu, JNE bertransformasi menjadi
salah satu jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia. Dedikasinya tentunya
sangat mengisnpirasi karena dengan modal dan SDM yang terbatas, dirinya mampu
merubah wajah JNE dari yang awalnya satu cabang, kini sudah menyebar di hampir
seluruh wilayah di Indonesia.
Tahun 1994
Perjalanan panjang JNE dimulai pada tahun 194, yang
mana JNE mulai layanan pengiriman lokal dengan membuka gerai penjualan yang
bertempat di Jalan Tomang Raya Nomor 3 Jakarta Barat. Langkah inilah yang
memulai perjalanan panjang JNE hingga pada akhirnya mampu memperluas layanannya
ke seluruh wilayah di Indonesia.
Tahun 1995
Untuk pertama kalinya JNE memperkenalkan sistem drop poin
yang diberi nama “Takuhaibin”. Keberadaan Wartel (Warung Telekomunikasi) yang
menjamur pada saat itu dimanfaatkan oleh JNE untuk membuka Takuhaibin yang saat
ini dikenal dengan agen JNE yang jumlahnya saat ini sudah mencapai 8000 titik
yang tersebar diseluruh Indonesia. Pihak perusahaan melihat bahwa keberadaan
Warung Telekomunikasi merupakan peluang untuk memperluas jangkauan dan hal itu
terbukti efektif.
Tahun 2000
Untuk meningkatkan kualitas pengiriman barang, maka
pada tahun 2000 an JNE mulai menerapkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan
efisiensi dan kemudahan dalam proses pengiriman barang. Selain penggunaan
teknologi, pada tahun tersebut JNE juga mulai menguatkan posisinya dengan
merilis logo baru dengan nama “JNE EXPRESS”. Nama tersebutlah yang pada
akhirnya meningkatkan reputasi JNE sebagai salah satu ekspedisi pengiriman terbesar
di Indonesia. Didukung oleh efisiensi penggunaan teknologi , JNE terus- menurus
menunjukkan kelasnya sebagai salah satu ekspedisi pengiriman barang terbaik.
Tahun 2013
Pada tahun 2013 tren belanja online sudah mulai
meningkat. Berbarengan dengan hal tersebut, maka fokus utama JNE yaitu
memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur untuk mendukung
perkembangan tren belanja online yang saat itu sudah mulai besar jumlahnya.
Pihak JNE melihat bahwa ada peluang ditengah besarnya tren belanja online yang
saat itu sudah dikenal banyak masyarakat. Oleh karena itu efektivitas
penggunaan teknologi dan peluasam layanan menjadi fokus yang gencar dilakukan.
Tahun 2014
Inovasi luar biasa diluncurkan JNE pada tahun 2014,
salah satunya yaitu dengan meluncurkan aplikasi MY JNE. Aplikasi ini tentunya
dapat memudahkan masyarakat dalam berbagai hal, seperti melihat tarif pengiriman,
melakukan pengecekan pada barang yang dikirim, serta mengetahui outlet JNE
terdekat. Terobosan luar biasa ini tentunya menjadikan posisi JNE semakin kuat
dalam hal efektivitas dan kemudahan.
Tahun 2017
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah
satu sektor yang berkembang dengan sangat pesaat. Untuk membantu sektor UMKM di
Indonesia , maka JNE berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM untuk
marketing dan juga pengembangan produk. Oleh karena itu JNE merilis sebuah
sistem bernama E- Fulfillment yang sudah ada dibeberapa cabang. E- Fulfillment
ini diciptakan sebagai solusi untuk membantu para pekau UMKM untuk
mengembangkan bisnis mereka. Adapun berbagai aktivitas logistik seperti
pengiriman barang, manajemen pergudangan, stok barang, pengemasan dan
pengantaran barang dilakukan oleh pihak JNE. Dengan adanya kerjasama seperti
ini tentunya baik pihak JNE ataupun pelaku UMKM sama- sama mendapatkan
keuntungan.
Tahun 2020
Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah barang yang
masuk, maka JNE mengeluarkan terobosan terbaru dengan membangun pusat sortir
berskala besar di Bandara Mas, Cengkareng Tanggerang dengan nama Mega Hub.
Terobosan ini sangat luar biasa karena mampu memproses hingga 1 juta paket
hanya dalam waktu sehari saja. Terobosan
ini tentunya meningkatkan kapasitas pengiriman barang dan tentunya meningkatkan
volume pengiriman barang melalui JNE.
Tahun 2022
JNE seolah tidak berhenti dalam menginspirasi
penggunanya, dimana pada tahun 2022 pihak perusahaan merilis layanan kurir
instanyang terintegrasi dengan aplikasi bernama Roket Indonesia. Hal luar biasa
dari aplikasi ini yaitu menjamin pengantaran barang hanya dalam waktu satu jam
saja. Hingga saat ini layanan tersebut sudah terdapat dilebih dari 50 kota atau
cabang JNE yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia.
Perjalanan panjang JNE tentunya dibarengi dengan
efektivitas dan penggunaan teknologi yang terus- menerus dikembangkan oleh
pihak perusahaan. JNE berpegang teguh pada motto mereka yaitu “Melayani Tanpa
Btas”, yang mana pihak perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman
pengiriman barang kualitas terbaik.
34 tahun bukanlah waktu yang singkat, yang mana JNE
sudah mengalami pasang surut dalam perjalanannya memberikan layanan pengiriman
barang kualitas terbaik. JNE seolah terus menunjukkan kelasnya sebagai salah
satu ekspedisi pengiriman barang terbesar di Indonesia saat ini. JNE berkembang
pesat menjadi salah satu sektor bidang jasa/barang yang berkontribusi secara
konsisten untuk membangun perekonomian nasional. JNE selalu memberikan yang
terbaik kepda penggunanya dan tentunya dibarengi dengan berbagai layanan
seperti pemberian diskon kepada pelanggan setia hingga tracking barang yang
dapat dilakukan dengan sangat mudah.
Pelayanan petugas yang ramah dan responsif menjadi kunci
keberhasilan dari JNE. JNE berkomitmen untuk memberikan pelayanan sat set dan
tentunya tanpa batas. Melalui pelayanan tersebut tentunya memberikan keuntungan
baik bagi masyarakat, pihak JNE ataupun stakeholder.
Dari kisah perjalanan panjang JNE dapat ditarik
kesimpulan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika ingin berusaha. Dari yang
awalnya hanya memiliki karyawan kurang dari 10, hingga saat ini sudah
berkembang pesat dengan jumlah petugas lebih dari 50.000 orang yang tersebar
diberbagai titik JNE diseluruh Indonesia. JNE tidak pernah berhenti untuk
menciptakan terobosan – terobosan yang tentunya dapat dirasakan oleh para
penggunanya. Untuk mendukung terciptanya inovasi berkelanjutan , tentunya perlu
menjalin kerjasama dengan banyak pihak seperti pengembang teknologi, pengembang
teknologi, stakeholder ditingkat pusat/ daerah, dan tentunya masyarakat debagai
pengguna layanan JNE.
Comments
Post a Comment