34 Tahun JNE, Perjalanan Panjang Dalam Memberikan Kebermanfaatan Kepada Masyarakat

 


Pengiriman barang menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan masyarakat saat ini. Banyak masyarakat yang hampir setiap hari mengirimkan barang baik skala lokal ataupun internasional. Untuk mendukung proses pengiriman barang, maka bermunculanlah layanan- layanan pengiriman dengan tujuan untuk lebih mempermudah aktivitas masyarakat dalam hal pengiriman logistik. Salah satu layanan pebgiriman barang yang ada saat ini yaitu JNE.

Bagi kamu yang belum tahu, Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik dan pengiriman yang tentunya sudah dikenal oleh banyak masyarakat. JNE memulai perjalanan panjangnya pada tanggal 26 November 1990, dimana tanggal tersebut merupakan perilisan JNE untuk pertama kalinya.

Selama kurang lebih 34 tahun, JNE telah bertranformasi menjadi salah satu layanan pengiriman barang terkemuka yang tentunya memiliki jumlah pengguna layanan yang sangat banyak. Inovasi dan kepuasan pelanggan menjadi dua hal utama yang selalu diperhatikan oleh pihak perusahaan. Bagi perusahaan , konsistensi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah hal yang harus dijunjung tinggi dan dipertahankan.

Selain itu, JNE juga didukung oleh visi & misi yang selalu menjadi jargon utamanya, yang mana visi JNE yaitu “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sedniri yang Berdaya Saing Global” , dan misi “ Untuk Memberikan Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten”. Visi & Misi inilah yang kemudian menjadikan JNE semakin terdepan dalam hal pilihan masyarakat dalam bidang logistik.

Bagi kamu yang memiliki bisnis, tidak perlu khawatir, sebab JNE juga memiliki program kemitraan yang tentunya dapat mengembangkan jangkauan bisnis yang kamu rintis. Hal ini tentunya sangat berdampak positif baik bagi pelaku bisnis ataupun pihak perusahaan. Dengan adanya model kerjasama seperti ini tentunya akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak.

Sebagai bentuk komitmen JNE untuk yerus menginspirasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, maka JNE didukung oleh berbagai layanan sebagai berikut:

My JNE

Untuk memberikan pengalaman pengiriman logistik terbaik, maka pihak perusahaan meluncurkan aplikasi bernama My JNE. Aplikasi yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2016 ini tentunya memudahkan penggunanya untuk terhubung dengan JNE. Aktivitas seperti cek tarif  dan melihat tracking/ tracing barang dapat dilakukan dengan sangat mudah, apalagi didukung dengan My Shipment yang memudahkan pemantauan status pengiriman barang yang diintegrasikan dengan nomor handphone pihak pengirim barang.

PESONA

Bagi kamu yang sedang mencari oleh – oleh khas nusantara, maka tidak perlu merasa bingung lagi, sebab saat ini JNE sudah memiliki layanan bernama PESONA. PESONA atau Pesanan Oleh – Oleh Nusantara merupakana salah satu layanan yang dapat digunakan untuk mencari makanan khas ataupun oleh – oleh yang diproduksi dari pada pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Adanya PESONA tentunya sangat memudahkan terutamanya bagi para pecinta kuliner.

JNE Loyalty Card

Merupakan salah satu program keanggotakan yang dikhususkan bagi para pengguna setia JNE. Terdapat beberapa keuntungan jika masyarakat memiliki JNE Loyalty Card, pertama kesempatan untuk mendapatkan potongan harga pengiriman barang pada saat periode promo , dan hadiah undian yang tentunya sangat menarik dan tentunya ditunggu- tunggu oleh para penggunanya.

JNE terus tumbuh menjadi salah satu ekspedisi pengiriman barang yang konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik. Bukan hanya itu saja, di usia yang sudah lebih dari 34 tahun ini, tentu banyak harapan – harapan dari masyarakat untuk JNE kedepannya. Salah satu yang diinginkan yaitu untuk lebih memperluas jangkauan kerjasama dengan para pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Hal tersebut karena UMKM merupakan salah satu sektor penyumbang pendapatan nasional tertinggi. Dengan adanya kerjasama yang terintegrasi antara JNE dan pelaku UMKM, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mendukung ekosistem ekonomi nasional.

Selain komitmen untuk membantu para pelaku UMKM, JNE juga berkomitmen untuk terus berinovasi dalam hal efisiensi pengiriman barang. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya JNE harus menggandeng banyak pihak untuk bekerjasama dalam hal pengembangan inovasi. Pihak- pihak seperti stakeholder pusat & daerah , pelaku UMKM , pemerhati isu- isu digital , mahasiswa , dan masyarakat tentunya perlu dilibatkan guna mempermudah pihak perusahaan dalam menciptakan inovasi – inovasi yang kreatif.

Connecting Happiness merupakan jargon utama yang selalu menjadi andalan JNE. Melalui jargon ini JNE tumbuh sebagai perusahaan yang ingin selalu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat melalui berbagai inovasinya. JNE tidak semata – mata sebagai jasa pengiriman barang saja, tapi lebih ke solidaritas / kemanusiaan melalui berbagai program inspiratifnya.

JNE yang banyak dicibir karena pelayanan yang kurang maksimal, proses pengiriman barang lama, kurir kurang responsif ternyata membalas ocehan – ocehan tersebut dengan bukti nyata. JNE tentunya tidak diam dengan adanya komentar seperti itu, tapi mereka terus melakukan inovasi dan perbaikan kualitas serta efisiensi. Komentar-komentar tersebut pun seolah mulai terbungkam dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh oleh JNE. Pada tahun 2025 kali ini JNE sudah banyak mendapatkan penghargaan seperti.

  • Happiness Award dari Rumah Zakat
  • Indonesia Top Digital PR Awards dari The Iconomics
  • Chief Marketing Officer (CMO) dari The Iconomics
  • Best Public Relation in Adapting and Refining Communication dari Warta Ekonomi
  • Marketeers Youth Choice Awards
  •  Infobrand Summit
  • Indonesia Brand Champion

Berbagai penghargaan tersebut tentu menunjukkan konsistensi JNE untuk terus memberikan pelayanan terbaik ditengah banyaknya orang – orang yang berkomentar negatif tentang JNE.

Saya sendiri merupakan pengguna setia JNE yang selalu kirim barang kemana- mana. Selama menggunakan JNE hampir tidak pernah mengalami kendala seperti komentar negatif orang – orang yang sering dijumpai di media sosial. Barang yang dikirimkan selalu datang tepat waktu, tracking dan tracer barang yang mudah dilakukan dan tentunya kurir yang ramah. Pernah satu kejadian dimana barang saya tidak kunjung datang, dan akhirnya saya pun mengunjungi outlet JNE di tempat saya untuk menanyakan kejelasan paket saya. Pihak JNE melayani saya dengan sepenuh hati bahkan membantu untuk melakukan follow up terhadap pakert tersebut, hingga beberapa jam kemudian paket saya datang dengan selamat tanpa adanya kerusakan. Pelajaran berharganya adalah, saya tidak ingin langsung menilai jelek sebuah perusahaan tanpa merasakan menggunakan layanan yang ada. Dengan bukti kesetiaan JNE dalam memberikan pelayanan terbaik, sudah cukup untuk membungkan netizen – netizen yang berkomentar negatif.

Pesan Untuk JNE

Jadikan berbagai kritikan pedas yang ada sebagai motivasi, bungkam komentar negatif yang ada dengan prestasi dan juga pelayanan sat set. Teruslah berinovasi dan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, di umur yang sudah 34 tahun ini semoga JNE dapat terus konsisten dalam memberikan layanan pengiriman terbaik dan terus membantu masyarakat. Jayalah JNE ku, teruslah lebarkan sayapnya.

 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soal CPNS TIU (Part 2)

Contoh Soal CPNS TIU (Part 3)

Contoh Soal CPNS TIU (Part 1)