34 Tahun JNE, Perjalanan Panjang Dalam Memberikan Kebermanfaatan Kepada Masyarakat
Bagi kamu yang belum tahu, Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik dan pengiriman yang tentunya sudah dikenal oleh banyak masyarakat. JNE memulai perjalanan panjangnya pada tanggal 26 November 1990, dimana tanggal tersebut merupakan perilisan JNE untuk pertama kalinya.
Selama kurang lebih 34 tahun, JNE telah bertranformasi menjadi salah satu layanan pengiriman barang terkemuka yang tentunya memiliki jumlah pengguna layanan yang sangat banyak. Inovasi dan kepuasan pelanggan menjadi dua hal utama yang selalu diperhatikan oleh pihak perusahaan. Bagi perusahaan , konsistensi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah hal yang harus dijunjung tinggi dan dipertahankan.
Selain itu, JNE juga didukung oleh visi & misi yang selalu menjadi jargon utamanya, yang mana visi JNE yaitu “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sedniri yang Berdaya Saing Global” , dan misi “ Untuk Memberikan Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten”. Visi & Misi inilah yang kemudian menjadikan JNE semakin terdepan dalam hal pilihan masyarakat dalam bidang logistik.
Bagi kamu yang memiliki bisnis, tidak perlu khawatir, sebab JNE juga memiliki program kemitraan yang tentunya dapat mengembangkan jangkauan bisnis yang kamu rintis. Hal ini tentunya sangat berdampak positif baik bagi pelaku bisnis ataupun pihak perusahaan. Dengan adanya model kerjasama seperti ini tentunya akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak.
Sebagai bentuk komitmen JNE untuk yerus menginspirasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, maka JNE didukung oleh berbagai layanan sebagai berikut:
My JNE
Untuk
memberikan pengalaman pengiriman logistik terbaik, maka pihak perusahaan
meluncurkan aplikasi bernama My JNE. Aplikasi yang dirilis pada tanggal 27
Januari 2016 ini tentunya memudahkan penggunanya untuk terhubung dengan JNE.
Aktivitas seperti cek tarif dan melihat
tracking/ tracing barang dapat dilakukan dengan sangat mudah, apalagi didukung
dengan My Shipment yang memudahkan pemantauan status pengiriman barang yang
diintegrasikan dengan nomor handphone pihak pengirim barang.
PESONA
Bagi
kamu yang sedang mencari oleh – oleh khas nusantara, maka tidak perlu merasa
bingung lagi, sebab saat ini JNE sudah memiliki layanan bernama PESONA. PESONA
atau Pesanan Oleh – Oleh Nusantara merupakana salah satu layanan yang dapat
digunakan untuk mencari makanan khas ataupun oleh – oleh yang diproduksi dari
pada pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Adanya PESONA tentunya sangat memudahkan
terutamanya bagi para pecinta kuliner.
JNE Loyalty Card
Merupakan
salah satu program keanggotakan yang dikhususkan bagi para pengguna setia JNE.
Terdapat beberapa keuntungan jika masyarakat memiliki JNE Loyalty Card, pertama
kesempatan untuk mendapatkan potongan harga pengiriman barang pada saat periode
promo , dan hadiah undian yang tentunya sangat menarik dan tentunya ditunggu-
tunggu oleh para penggunanya.
JNE
terus tumbuh menjadi salah satu ekspedisi pengiriman barang yang konsisten dalam
memberikan pelayanan terbaik. Bukan hanya itu saja, di usia yang sudah lebih
dari 34 tahun ini, tentu banyak harapan – harapan dari masyarakat untuk JNE
kedepannya. Salah satu yang diinginkan yaitu untuk lebih memperluas jangkauan
kerjasama dengan para pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Hal tersebut karena UMKM
merupakan salah satu sektor penyumbang pendapatan nasional tertinggi. Dengan
adanya kerjasama yang terintegrasi antara JNE dan pelaku UMKM, diharapkan dapat
menjadi langkah awal untuk mendukung ekosistem ekonomi nasional.
Selain
komitmen untuk membantu para pelaku UMKM, JNE juga berkomitmen untuk terus
berinovasi dalam hal efisiensi pengiriman barang. Untuk mewujudkan hal
tersebut, tentunya JNE harus menggandeng banyak pihak untuk bekerjasama dalam
hal pengembangan inovasi. Pihak- pihak seperti stakeholder pusat & daerah ,
pelaku UMKM , pemerhati isu- isu digital , mahasiswa , dan masyarakat tentunya
perlu dilibatkan guna mempermudah pihak perusahaan dalam menciptakan inovasi –
inovasi yang kreatif.
Connecting
Happiness merupakan jargon utama yang selalu menjadi andalan JNE. Melalui
jargon ini JNE tumbuh sebagai perusahaan yang ingin selalu memberikan
kebahagiaan kepada masyarakat melalui berbagai inovasinya. JNE tidak semata –
mata sebagai jasa pengiriman barang saja, tapi lebih ke solidaritas /
kemanusiaan melalui berbagai program inspiratifnya.
JNE yang banyak dicibir karena pelayanan yang kurang maksimal, proses pengiriman barang lama, kurir kurang responsif ternyata membalas ocehan – ocehan tersebut dengan bukti nyata. JNE tentunya tidak diam dengan adanya komentar seperti itu, tapi mereka terus melakukan inovasi dan perbaikan kualitas serta efisiensi. Komentar-komentar tersebut pun seolah mulai terbungkam dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh oleh JNE. Pada tahun 2025 kali ini JNE sudah banyak mendapatkan penghargaan seperti.
- Happiness Award dari Rumah Zakat
- Indonesia Top Digital
PR Awards dari The Iconomics
- Chief Marketing
Officer (CMO) dari The Iconomics
- Best Public Relation
in Adapting and Refining Communication dari Warta Ekonomi
- Marketeers Youth
Choice Awards
- Infobrand Summit
- Indonesia Brand
Champion
Berbagai penghargaan tersebut tentu menunjukkan konsistensi
JNE untuk terus memberikan pelayanan terbaik ditengah banyaknya orang – orang yang
berkomentar negatif tentang JNE.
Comments
Post a Comment